Jumat, 20 April 2012

Ciri-ciri Komunikasi Massa


Komunikasi Massa memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
1. Ditujukan kepada masyarakat luas. Dalam Komunikasi massa pesan yang disampaikan tidak hanya satu orang/kelompok saja melainkan dalam jumlah yang besar atau seluruh masyarakat yang ada. Dengan menggunakan media dalam penyampaian pesan dapat mempermudah menyampaikan pesan keseluruh masyarakat.
2. Umpan balik tidak secara langsung. Masyarakat luas menjadi tujuan komunikasi massa dalam hal menyampaikan pesan, oleh karena itu maka umpan balik tidak secara langsung juga diperoleh oleh lembaga yang mengeluarkan berita. Akan tetapi sekarang toknologi sudah berkembang pesat, sekarang masyarakat dapat memberikan responnya terhadap berita yang diperoleh dengan menggunakan telepon interaktif maupun mengirim pesan melalui e-mail. Hanya saja tidak dalam jumlah yang banyak hanya sebagian individu saja yang dapat memberikan responnya secara langsung
3. Yang mengeluarkan adalah lembaga. Dalam hal mengelola berita kemudian menerbitkanya bukan seorang individu yang mengerjakannya melainkan lembaga, dimana di dalam lembaga itu sendiri telah banyak orang professional untuk mencari berita kemudian mengelolahnya sehingga dapat sesuai dengan yang diiinginkan oleh masyarakat
4. Komunikan bersifat anonym ( tidak dikenal ). Dalam komunikasi massa yang menjadi target adalah masyarakat luas bukan perorangan. Oleh karena itu sebuah media/ lembaga penerbit berita tidak akan mengenal komunikannya.
5. Komunikator bersifat hetrogen (Berbeda-beda). Untuk mengelola suatu berita hingga sampai ketangan komunikan bukanlah tugas dari satu individu saja melainkan banyak yang turut campur tangan dalam penyelesaian suatu berita. Sehingga dalam hal ini komunikator bersifat hetrogen.

0 komentar:

Posting Komentar